Ceritanya Sakit Hati


Ceritanya kemaren pas liburan di Bontang, saya belajar masak cake kukus. Memang udah direncanakan sebelum ke sana, mau belajar bikin brownis dan segala macam cake kukus. Eksperimen sendirian, kan kalo di Bontang, saya adalah penguasa dapur, jadi kalau misalnya terjadi sesuatu yg tidak saya inginkan dalam masakan saya, cuma ada suami yang komentar-komentar :-D.

Beberapa saat setelah tiba di Bontang, saya merengek-rengek ke Abang minta dibeliin spatula, kocokan telur manual, dan tentu saja loyang. Berhubung panci kukusan kami kecil ukurannya, agak susah juga cari loyang bundar yang berukuran kecil. Akhirnya kami dapet loyang model sponge cake yang imut banget. Tapi jangan salah ya, imut-imut gitu, pinggiran dalamnya tajem dan tangan saya pernah kegores loyang hingga berdarah. *halaahhh

Nah, hingga suatu hari, selesai beres-beres rumah, saya mulai melirik resep-resep cake kukus yang saya culik dari internet. Kaget juga saya ketika melihat resep brownis dengan resep telur yang lumayan banyak, sekitar 5 butir telur. Oh tidak. Dasar emak-emak yang gak mau rugi, berhubung saya masih newbie dan seumur-umur belum pernah bikin cake sendiri, maka saya mencoba resep cake coklat kukus yang hanya menggunakan 2 butir telur saja. Haa, itupun resepnya saya potong setengah takarannya. Hihihi. Kan sayang telurnya kalo misalnya cake saya belum berhasil :-p.

Jadilah saya hanya menggunakan satu butir telur :-p. Lagipula loyangnya juga kecil :-D. Ternyata menyiapkan adonan kue itu lebih ribet ya daripada masak biasa. Harus nakar-nakar terigu, gula, melelehkan margarin di atas kompor, atau melelehkan coklat bloknya dan tentu mengocok telurnya hingga putih dengan kocokan tangan. Belum lagi mencuci peralatan bekas pakai bahan yang berbau lemak, susu, coklat,telur dll. Hihihi. *ngeluh mlulu dahh.

Dan, eksperimen pertama saya, gagal total. Tepungnya nggak saya ayak ketika ngaduk adonan, jadi saya ayak dulu semuanya, baru saya cemplungkan ke adonan dan tampaknya juga telurnya belum putih dan mengembang waktu dikocok. Daaaan, yang paling penting dalam pembuatan cake kukus adalah proses pengukusannya. Sudah dinasehatin sama resep, jangan membuka panci sebelum cake dikukus sesuai waktu aturannya, supaya panasnya tetap merata. Tetapi dasar enggak sabar dan penasaran, saya buka tutup pancinya di tengah waktu pengukusan. Awalnya saya girang karena cake saya mengembang, tetapi beberapa detik setelah saya kegirangan, permukaan cake saya turun lagi. Kempes. Duileh. Apalagi ketika matang, lapisannya tidak rata, terigunya menggumpal-gumpal, pokoknya aneh. Untung saya cuma pake satu telur, jadi yaaa nggak nyesel-nyesel amat.

Terus, saya curhat ke suami soal kegagalan beberapa masakan saya. Maklumlah, awal-awal di Bontang, saya sering gagal membuat banyak masakan, mulai dari tumis jamur, brokoli goreng, hingga crepes. Hingga galau hati saya :-p. Terus kata Abang, "kan udah ada buku resep, ikutin aja aturan di sana, takaran-takarannya."

Olala, saya baru inget dulu pas di Samarinda dibeliin buku kumpulan resep sepanjang masa yang  bisa buat bantal bobo saking gedenya. Saya buka-buka dan menemukan resep brownis dan aneka cake kukus di sana. Maka, resep dari buku itulah yang mulai saya jadikan pegangan dalam memasak. Maklum, saya jadi agak kehilangan kepercayaan dengan resep-resep dari internet :-p. Dan seperti pada awalnya, resep brownis saya kurangi setengah takarannya, dari lima butir telur menjadi dua butir telur. Saya ikuti aturan-aturan di sana, pakai ovalet, ngocok telur hingga mengembang, pake susu kental manis, hingga lantai dapur cemong cemong, dan saya menahan diri untuk tidak membuka tutup panci sebelum 40 menit. Dan ternyataaaa...brownisnya berhasiiillll. Jadi cake, meskipun nggak ngembang-ngembang amat (eh kalo brownis emang nggak mekar-mekar amat ya?) dan yg penting bisa dimakan, habis pula :-D.


Dengan keberhasilan pertama yang tidak seberapa tersebut, saya mulai ketagihan bikin  cake :-D. Mulailah saya membuat cake tumpuk, campuran antara cake isi pisang dan brownis. Rasanya lumayan. Lumayan eneg juga :-D. Terus bikin brownis lagi, meskipun belum selembut brownis Amanda (yeee, emang siapa sayaaa), tetapi lumayan laaahh. *Standarnya lumayan mlulu.
Dan lama-lama, tampaknya Abang mulai bosan makan brownis :-D. Padahal saya masih semangat bikin brownis. Mungkin karena sangat menikmati prosesnya hingga kegembiraan ketika menyaksikan adonan yang mulanya cair berubah menjadi padat. 

Maka, saya rehat dari aktivitas bikin brownis. Masak-masak yang lain. Eh kok tiba-tiba pengen makan brownis ketan hitam. Dulu pas awal-awal ngekos, pernah dibawain brownis ketan hitam dari Bandung. Enak dan padet banget. Sekarang tiba-tiba pengen bikin, tapi dimanakah saya bisa mendapatkan tepung ketan hitam di Bontang?

Ketika sedang di minimarket, eh saya nemuin racikan brownis ketan hitam dalam wadah kotak. Tinggal tambah telur dan santan. Nyoba beli dah. Dulu nggak beli yang instan-instan gini karena kayaknya nggak baik buat proses belajar bikin cake :-D. Tapi sekarang beli. Tinggal nambahin 3 butir telur (harusnya 4, tapi saya diskon lagi biar nggak highfat_dan hemat), beli kelapa parut di Om sayur buat bikin santan. Dan ternyata, benar-benar simpel kalo bikin pake resep yang instan. Nggak perlu ngelelehin margarin, nakar tepung, waktu lebih singkat dan cucian wadah juga nggak banyak. Tahu-tahu aja adonan selesai, siap dikukus. Hwalaahh...

Dan ketika cake matang, hwaaa...cakenya mengembang dua kali lipat dari ukuran adonan semula, naik mengembang hingga melebihi loyang sponge, jauh lebih bagus daripada ketika saya nakar-nakar resep sendiri. Rasanya juga lebih enak daripada ketika saya nakar-nakar adonan sendiri. Ya elaaahhh sakit hati juga saya melihat kenyataan itu :-D.



Komentar

  1. kalo aku rasanya lebih puas kalo berhasil bikin masakan dgn nakar2 sendiri mba, perjuangannya itu loh. meski gagal pasti ttp dimakan :D

    BalasHapus
  2. iya mbak, yang instan-instan emang gak bagus buat proses belajar. emang lebih sreg kalo brhasil bikin sendiri. tapi kalo yg instan hasilnya lebih bagus, rada nggak terima juga :-D

    *perasaan yg aneh

    BalasHapus
  3. hehe
    iyaaa emang nyebelin juga si yg instan itu pasti gampang-cepat-dan bagus hasilnya.. but its not special anyway,rasanya jadi biasa aja kurang perjuangan susahpayahnya.. :D
    abis nikah udah jago masak apa aja nih mba?

    BalasHapus
  4. Iyo, betul-betul Mbak.
    Blm jago kok Mbak, cuma lebih berani aja berekperimen, campuraduk sesukanya, hihihi, selama suami gak protes ya oke2 aja :-D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer