Jejamuran : Semua Tentangmu, Jamur.

Jejamuran adalah nama sebuah restoran yang menawarkan masakan dengan bahan baku utama jamur. Letaknya di daerah Niron, Pandowoharjo, Sleman. Semua tentang jamur ada di sini, mulai dari rumah makan, pelatihan, budidaya jamur, kunjungan usaha, mushola, toilet---> nggak nyambung. Tempatnya cukup nyaman, luas dan tentu saja rame.

Pertama kali ke sana (emang baru pertama, belum ada yang kedua) sama Abang. Memang sudah direncanakan untuk mengunjungi tempat tersebut. Apalagi jenis masakannya yang serba jamur sangat menarik hati. Hanya tempatnya saja yang cukup jauh dari Prambanan, dari ujung timur Jogja, menuju ujung barat Jogja. 

Sebelum kita mulai makan, pesen makanan dulu yuk. Daftar menunya lucu ya, harganya juga hmm..silahkan dinilai sendiri dah tingkat kemurahannya. Kalau nggak kelihatan harganya, dizoom aja ya, hehe.


Karena belum pernah ke sana, bingung mau pesan apa. Apalagi menunya menarik semuanya. Ada wedang jejamuran, sup jamur, sate jamur, jamur bakar pedas, tumis jamur cabe hijau, rendang jamur, pepes jamur, tongseng jamur, tom yam jamur,dadar shitake dan banyak makanan lain yang berbahan jamur. Pokoknya penggila jamur harus datang ke sini. Harus! Harus! Harus!

Lalu, akhirnya kami pesan banyak makanan. Hahaha. Dalam pikiran kami, porsi yang disajikan dalam porsi kecil-kecil dan dengan gagahnya kami berpikir, pasti bisa dihabiskan berdua. Dan jreeeeengg, inilah penampakan makanan yang kami pesan, beserta penampakan pemesannya. Sok-sokan tersenyum padahal shock dalam hati, banyak banget boiiiiiiii harus dihabiskan sekuat tenaga nih, daripada mubazir....


Hayyaaahh

Sebelum mulai makan, yuk keliling-keliling Jejamuran dulu. Di salah satu bagian tempat makan tersebut, memang ada rak-rak yang memajang banyak sekali wadah budidaya jamur. Ada pemandunya juga yang akan menjelaskan tentang jamur-jamur yang dibudidayakan. Wew, baru sekali ini saya lihat jamur berwarna kuning, item, merah jambu begini 



Dan inilah menu-menu yang kami pesan. Cekidot

Tongseng jamur. Harganya 8182 rupiah. Rasanya lumayan lah, enak. Padahal aslinya saya jarang makan tongseng daging. Tidak begitu pedas, pas lah dan ketika memakannya, saya memutuskan bahwa bukan ini yang jadi favorit saya.


Lalu, tumis jamur. Harganya 12273 rupiah. Saya bisa bilang enak, tapi bukan ini pula yang akan jadi favorit saya. Hihihi


Ini dia, taraaaaa, jamur bakar pedas. Ini dia favorit saya. Harganya 9011 rupiah. Enaaaakk banget. Pedes juga, kenyal-kenyal, serasa nggak makan jamur. Asli, enak banget. Saya memutuskan untuk memesan ini lagi kalau nanti ke Jejamuran lagi (kapan Bang?)

Kemudian sate jamur. Hmm...sepertinya ini yang jadi favorit semua pengunjung. Harganya 9011 rupiah. Kalau tidak salah berisi lima tusuk sate. Mantap dah. Mirip sate ayam dan enak. Menu ini juga akan masuk ke daftar pembelian kembali (apa sih?)

Yang ini pepes jamur. Saya lupa gimana rasanya, hihihi. Harganya 8182 rupiah.

Kemudian sup jamur. Harganya 9091 rupiah. Tampaknya ini menjadi salah satu favorit Abang. Enak, seger, gurih.

Dan, selanjutnya adalah wedang jejamuran. Harganya 10000 rupiah. Kami pesan satu, penasaran gimana rasanya. Habis nyruput langsung nyengir. Ternyata rasanya pahiiiiiiiit banget. Sudah ditambahi gula juga ternyata masih pahit. Wedang jejamuran itu ternyata termasuk jamu, minuman kesehatan yang terbuat dari jamur Lingzhi . Lhah. Saya kira rasanya bakalan mirip wedang jahe 


Es jeruknya, dengan harga 6364 rupiah, termasuk enak. Layak lah untuk harga segitu karena jeruk, gula dan aromanya terasa. Hmmm...

Dengan asas kemanfaatan, kami 'terpaksa' menghabiskan semuanya. Lain kali, kalau memang pertama kali datang ke sini dan berniat icip-icip banyak menu, bawa temen sekompi ya, yang banyak sekalian, biar seru icip-icipnya, nggak kekenyangan atau mubazir meskipun menunya dalam porsi kecil.

Selesai makan, tentu saja pulang. Eh bayar ke kasir dulu ding. Ditambah pesanan 2 porsi tumis jamur dan 2 porsi tongseng jamur untuk 2 keluarga di rumah, total pembayaran sekitar 131 ribuan lah untuk semua makanan segambreng tersebut. 

Alhamdulillah....
Yang suka jamur atau pas main ke Jogja, coba deh ke sana. Tempatnya menyenangkan dan pelayanannya cepat dan ramah.

Komentar

  1. Murah
    *membayangkan jakarta

    harganya unik bgt. Kembaliannya pas ga, tuh? Uu perlindungan konsumen beraksi

    BalasHapus
  2. Mahal dan murah
    *membayangkan Solo dan Bontang

    Lupa pas apa nggak, mungkin juga dibuletin deh harganya, hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer