Jempol


Kyaaaaa....

Pagi-pagi kemaren kemarennya lagi, jempol saya udah kena pisau serut sewaktu ngupas ubi. Gayanya sih kayak yang jual pisau serut waktu demo itu alat di stadion Bessai Berinta malem-malem, sret sret sret sret, kupas sana kupas sini, dengan waktu cepat seperti layaknya expert, bahkan tanpa melihat aneka buah yang dijadiin tumbal alat demo. Tapi apa lah daya, pas lagi ngupas ubi pagi-pagi pisau itu babalas menyerut ujung jempol saya. Cukup dalam.

Langsung darah menetes dimana-mana. saya usap pake tisu keluar lagi. Netes lagi. Jatuh di lantai dapur, lantai tempat cuci. Saya yang aselinya pingin semaput gara-gara ngeliat darah yang keluar banyak banget (gimana kalao akyu kehabisan daraaahhh...halaaahh), mencoba menenangkan diri. Soalnya kalao saya panik dan dagdigdugder, kayaknya saya malah jadi semaput beneran deh. Soalnya ingat pengalaman kakak yang pas hamil, jarinya keserut dan keluar darah langsung pingsan begitu sajah. Jadinya saya sok cool aja di depan abang yang ngeliatin dengan tatapan tersepona, karena saya nggak bertingkah lebay menghadapi kecelakaan kecil tersebut.

Padahal sebenernya, selain pengen semaput (semaput kok pengen), saya juga pengen nangis. Apalagi yang ngeliatin suami sendiri, kan lumayan buat alibi manja-manja dikit. Tapi tetep aja saya nggak bisa semaput ataupun nangis, cuma minta diambilin es batu buat ngompres, biar darahnya nggak beleber-beleber lagi, mengingat tidak ada persiapan P3K di dalam rumah. Apalagi lidah buaya atau herba herba lainnya.

Lalu abang berangkat kerja dan saya lanjutin gulangguling di dapur dengan status jempol kiri keserut. Pedihnya terasa sampai ke hati. Nyut nyut nyut. Cenat cenut minute maid. Untuk menghindari nyeri yang menjadi, saya istirahatkan si jempol. Berusaha agar si jempol tidak tergores, tergesek, tersenggol bahkan tersentuh. Tapi ternyata...susahnya hidup tanpa menggunakan jempol kiri. Mau ngiket pita rambut, susahnya minta ampun. Mau motong wortel jadi kayak motong batu. Mau cuci piring, malah piring gelasnya lari kemana-mana karena nggak bisa dipegangin pake tangan kiri. Mau angkat barang pake kedua tangan, juga nyut-nyut. Mau cuci muka aja juga sengsara. Apalagi mau mandi, ya elaaahhh, mandinya lama benjet, jadi kagak bisa gosok-gosok pake tangan kiri. Bahkan mau ngiket tali mukena ajah juga susah, eh malah jadinya melorot. Ya Allah...

Padahal ini baru jempol kiri yang terluka, keserut dikit lagi, tapi hidup udah terasa begitu menderita.
Hmmm...bener deh, kita memang harus mensyukuri banyak hal ketika tengah sehat, lengkap dan utuh. Jempol, cepet sembuh ya sayang...

Maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

Bontang, 1 November 2011

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer