Retno vs SiTi

 (Tulisan ini, kayaknya hanya bermanfaat buat saya ^_^)

Dulu, saya akur-akur saja dengan SiTi. Kalo kebetulan berpapasan jalan, saya juga cuek-cuek aja dengan SiTi, bahkan kadang kala SiTi yang takut sama saya. Begitu saya berada empat meter di hadapannya, SiTi langsung kabur. Saya membiarkannya, tidak berusaha mengejarnya. Saya pikir biarlah saja.

Hingga akhirnya saya harus peduli pada SiTi dengan cara membencinya. Awalnya saya Cuma sebel, tetapi akhirnya jadi rada benci dan dendam kesumat karena SiTi sudah dua kali cari masalah dengan saya dan berkali-kali nantangin saya tiap kali ketemu dengan main nyelonong aja serta sesekali pamer gigi.

Masalah yang pertama adalah ketika SiTi bikin ulah dengan tega menebarkan hawa tak sedap di kamar saya. tiga hari saya nyaris pingsan mencium bau, bau yang entah darimana asalnya tetapi saya tahu siapa yang bikin ulah. Bau itu yang bikin saya kayak orang gila dengan membuka semua property saya yang berbau wangi, menyemprotkan obat nyamuk hingga saya termehek-mehek dengan baunya, menutup saluran eternit, menyusun kursi di atas meja untuk melongok dimana asal bau itu, paranoid membongkar kamar serta malam-malam kabur ke minimarket sendirian buat beli pewangi ruangan.

Bukan Cuma itu saja. Akibat bau tersebut, beberapa hari kemudian saya menemukan belatung hidup beserta telur belatungnya di kasur saya. bikin saya pengen nginjek-injek SiTi sampe menjret. Sebel berat, tega banget SiTi, padahal selama ini saya udah baik-baik dengan dia, diam saja ketika dia suka malam-malam bikin ribut. Saya oke-oke aja, bukan tipe orang yang langsung ngamuk jika tidurnya terganggu. Tetapi saya menyerah jika masalah sudah merembet ke adanya belatung yang lunjak-lunjak di kasur saya.

Putus asa, saya akhirnya pulang kampong berhari-hari. Ceritanya saya ngambek. Daripada saya jadi agresi tingkat tinggi jika ketemu SiTi, maka saya lebih baik menghindar dulu. Menenangkan diri.

Lalu setelah masalah yang pertama, saya masih biasa aja ketemu SiTi. SiTi masih rada takut sama saya. kadang-kadang saya sering memergoki SiTi cepat-cepat naik tangga, ngebut berjalan jika saya akan keluar kamar. SiTi juga takut-takut buat masuk ke dalam kamar saya lagi karena saya pun enggan membiarkan pintu kamar saya dengan sukarela terbuka buat dia. Aneh ya, padahal kami satu rumah, satu kost. Tapi yaaa…begitulah interaksi kami setelah masalah yang pertama.

Kami perang dingin. Saya nggak mau sekalipun ngomong dengan SiTi, lagipula SiTi sama sekali tidak ada itikad untuk minta maaf akibat masalah yang pertama itu. SiTi juga jelas ogah ngomong sama saya.

Beberapa pekan kemudian, saya mengibarkan bendera perang kepada SiTi. Kala itu ceritanya saya habis mudik, capek, laper, kusut habis dari rumah, ngantuk, gerah, pokoknya kondisi saya nggak asyik banget lah. Saya buka pintu kamar, masuk ke dalam kamar dan langsung mau mabuk kepayang. Saya keluar lagi karena saya mendadak jadi sensi dengan bau kamar saya.

Ada bau itu lagi. SiTi cari masalah lagi dengan saya. saya beruasaha menenangkan diri, menghela nafas-menarik nafas, menghela nafas-menarik nafas, dan berpikir kenapa SiTi jadi makin ngelunjak sih sama saya? apa salah saya coba? Dan saya jadi makin agresi tingkat tinggi ketika menemukan bangkai tikus mati di bawah dipan.

Saya shock, lemas tak terkira ketika menyadari bahwa saya harus…hiks-hiks-hiks…membersihkan tikus itu. Saya tahu ini ulah siapa. Hanya saja saya heran kenapa SiTi bias masuk ke kamar saya. pintu jelas saya kunci, dari sekian teman kost, hanya satu yang pegang kunci serep kamar saya, eternity juga nggak bolong, kenapa SiTi bias menjebol pertahanan saya??????

Saya ngepel lantai, membersihkan bulu-bulu tikus itu yang ternyata setengah kering setengah basah dan bagian yang terparah adalah ketika saya harus merogoh-rogoh dan mengangkat bangkai itu dengan tangan saya sendiri yang dilapisi plastic karena itu mayat masih agak-agak lengket.

Seumur-umur baru kali ini saya pegang tikus, rasanya genjuk-genjuk gimana gitu dan saya pikir lebih baik saya pegang tikus hidup daripada mayat tikus yang ajaib begini. Toh semasa kecil jempol saya juga pernah diserang tikus, meninggalkan dua bekas gigi mungilnya hingga kaki saya berdarah. Kalo nggak salah, saat itu saya niatnya mau nolongin tikus yang kecemplung ke bekas kolam ikan yang dalamnya satu meter. Berhari-hari itu tikus Cuma lari ke sana kemari di dasar kolam, dan saya nggak tahu apa itu tikus nggak pernah diajarin manjat sama emaknya hingga nggak bias melarikan diri dari dasar kolam. Saya kasian dan mumpung nyali anak kecil saya masih sangat besar,  saya lalu ikut nyemplung ke kolam, maksud hati mau nolong, eh malah jempol kaki digigit. Bikin saya mewek dan langsung kabur, nggak sudi lagi jadi pahlawan penolong tikus.

Berawal dari kasus bangkai tikus situ, maka kesabaran saya habis sudah menghadapi SiTi. Saya deklarasikan, saya perang dengan SiTi. SiTi harus diberi pelajaran karena selama ini saya hanya diam saja melihat ulahnya. Saya menutup akses jalan SiTi ke kamar saya. Pintu kamar saya tidak akan pernah terbuka lagi buat SiTi. Saya ogah. Saya bahkan berpikir keras bagaimana caranya agar Si Ganteng bisa sering main ke kost. Karena  saya pikir selama ini hanya Si Ganteng yang bisa mengendalikan SiTi.

Hey, siapakah Si Ganteng?

 Mari saya perkenalkan. Si Ganteng adalah kucing-kucing yang sering main ke kost. Ada yang ganteng beneran, ada yang ganteng jadi-jadian karena saya pernah menyapanya dengan sebutan hallo ganteng, eh ternyata itu kucing adalah kucing betina.

Mari saya perkenalkan juga siapa SiTi. Nama panggilan SiTi. Nama panjangnya SiTikus. (Setulus hati, mohon maaf untuk yang benar-benar bernama Siti)  

Komentar

  1. emang tikusnya cuma satu ya, mbak? kok sampai hafal kalau ketemu di jalan...

    tikus got gedheeeeeee banget

    BalasHapus
  2. hm...sabar ya...
    saya dukung perangnya...
    karena tikus dmana2 kerjaannya nganggu....

    BalasHapus
  3. gak tau, kayaknya banyak, tapi bentuknya sama. guede byangetttt...gedenya mirip-mirip sama kucing
    kadang aku yang kabur kalo ketemu :-D

    BalasHapus
  4. gak tau, tapi emang guede byanget...hehe

    BalasHapus
  5. seorang lelaki memanjat batu untuk duduk merenung demi menyelesaikan masalahnya. jika seorang perempuan mengikutinya, maka perempuan itu akan ditendangnya untuk turun
    ^____^

    BalasHapus
  6. iya, hoho
    emang kerjaannya bikin esmosi erosi es mony aja...

    BalasHapus
  7. nggak kok...nggak ditendang. dijorokin duank...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer